Adu Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S890 vs Samsung Galaxy Grand Duos


Samsung Galaxy Grand Duos merupakan phablet 5 inci yang mempunyai pesaing yaitu Lenovo S890. Sama-sama 5 inci dan bergenre dual SIM. Harga Samsung Galaxy Grand Duos di toko online Indonesia sekitar Rp3.7 juta dan Lenovo S890 lebih murah yakni Rp2.799 juta.

Dengan kondisi tersebut mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan dari kedua phablet tersebut.

Mengapa memilih Lenovo

Adu Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S890 vs Samsung Galaxy Grand Duos

Dalam industri mobile, merek Lenovo memang belum terlalu mendunia seperti Samsung. Tetapi di beberapa negara di China dan Indonesia, Lenovo mempunyai track record yang cukup baik dari produk-produk yang dikeluarkan sebelumnya. Lenovo telah memasarkan dan mengambil porsi pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia berkat seri smartphone mid-to-entry levelnya yaitu Lenovo A60, Lenovo P700, Lenovo S880 dan Lenovo S560. Bahkan pada awal 2013 ini, Lenovo telah melakukan ekspansi pasar dengan seri S720, A800, A690, P770 dan S890 ini. Satu hal terpenting lainnya adalah harga yang sangat kompetitif. Kenapa memilih yang lebih mahal jika bisa mendapatkan yang murah namun tetap berkualitas?

Kelebihan Lenovo S890 dibandingkan Samsung Galaxy Grand Duos GT-I8092

Secara spesifikasi, salah satu perbedaan yang terlihat jelas dari keduanya adalah resolusi layar. Disinilah keunggulan Lenovo S890, layarnya mempunyai resolusi yang 35% lebih tinggi daripada Galaxy Grand Duos. Dengan resolusi 540 x 960, Lenovo S890 menghasilkan kerapatan pixel 220 ppi, 18% lebih tingggi daripada Samsung Galaxy Grand duos yang memiliki resolusi 480 x 800 dan kerapatan pixel 187 ppi.

Masih berkaitan dengan layar, panel IPS pada Lenovo S890 akan memberik beberapa keunggulan untuk Lenovo S890, dibandingkan dengan Galaxy Grand Duos yang masih menggunakan layar TFT LCD.

Meski sama-sama terlihat kurang premium, desain Lenovo S890 juga terlihat lebih menarik daripada desain Galaxy Grand Duos yang cenderung terlihat begitu-begitu saja. Dimensinya yang sedikit lebih kecil dan lebih tipis juga lebih nyaman digenggam.

Harga adalah hal paling krusial, dan Lenovo S890 terbukti tidak muluk-muluk dalam memasang harga. Harga 2,7 jutaan yang dibanderol Lenovo S890 memang tergolong murah, karena disitulah daya tarik utama phablet 5 inch ini.

Mengapa memilih Samsung

Adu Kelebihan dan Kekurangan Lenovo S890 vs Samsung Galaxy Grand Duos

Samsung terbukti tahu bagaimana caranya membuat smartphone dan phablet yang baik. Lihatnya Galaxy S III dan Note II yang terjual puluhan juta unit dalam beberapa bulan penjualannya. Ini bukan tanpa alasan karena pasar memang tidak pernah berbohong. Larisnya Galaxy S III dan Galaxy Note II membuat Samsung menjadi sebuah brand yang paling dipercaya. Bahkan sekarang, 1 dari 3 android yang terjual adalah Samsung Galaxy.

Kelebihan Samsung Galaxy Grand Duos GT-I8092 dibandingkan Lenovo S890

Samsung Galaxy Grand menonjolkan kualitas fotografi, dimana terbukti lebih superior daripada Lenovo S890. Meski sama-sama mempunyai resolusi kamera utama 8 megapixel, kamera Samsung Galaxy Grand Duos mempunyai kemampuan merekam video Full HD 1080p, sedangkan Lenovo S890 hanya sebatas HD 720p saja. Begitu juga dengan kamera depan, Galaxy Grand Duos lebih unggul dengan kamera depan 2 megapixel, jauh lebih besar daripada kamera VGA pada Lenovo S890.

Keunggulan lain adalah memori internal 2x lebih besar (8GB Vs 4 GB), dukungan memori eksternal yang juga 2 kali lipat (64 GB Vs 32 GB) dan berat yang lebih ringan (162 vs 176 gram).

Beratnya Lenovo S890 juga disebabkan karena kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 2250 mAh, dibandingkan Galaxy Grand Duos yang hanya 2100 mAh.

Sebagai first impression, keduanya memang terlihat tidak mempunyai begitu banyak perbedaaan besar. Tetapi satu hal yang menentukan adalah pricing dari Galaxy Grand Duos. Samsung lebih baik berhati-hati dalam memasang harga Samsung Galaxy Grand Duos di Indonesia, karena Samsung Galaxy Grand bukanlah Galaxy Note yang mempunyai Stylus dan layar HD.