7 Handphone Lama Dengan Desain Elegan


Rata-rata handphone mengandalkan modifikasi dan penambahan desain casing untuk menyajikan bentuk yang berbeda. Berbeda dengan smartphone, ponsel atau feature phone dikenal memiliki desain yang lebih menarik dan revolusioner, bahkan beberapa sangat unik dan berkelas.


Mulai handphone dengan desain lipat khas Motorola hingga ponsel 'Candy Bar' milik Sony dengan layar tembus pandang pernah sangat terkenal sebelum era kejayaan smartphone seperti saat ini.

Berikut adalah 7 handphone lama dengan desain elegan yang wajib untuk dikenang.

LG Crystal

LG kini tengah menjadi salah satu produsen smartphone papan atas berbekal ponsel pintar berlayar Quad-HD andalannya, LG G3. Tapi pada bulan Juni tahun 2009, LG pernah meluncurkan sebuah ponsel dengan desain lebih menarik ketimbang LG G3.

Saat itu LG merilis sebuah ponsel 3G dengan desain 'slide' yang memiliki papan ketik yang tembus pandang. Secara sekilas memang tak nampak ada berbeda dengan ponsel touchscreen ini, tetapi bila pengguna menggeser bagian bawahnya akan nampak sebuah keypad transparan berbasis sentuhan yang tak kalah sensitif dengan layar touchscreen-nya.

Keypad LG Crystal mampu memberikan pertunjukan sendiri ketika bersinar saat muncul panggilan masuk atau digunakan mengetik di tempat minim cahaya. Terlebih, keseluruhan bodi LG Crystal yang terbalut aksen metalik membuat ponsel yang belum dilengkapi dengan sistem operasi ini terlihat lebih eksklusif. Bagian layar 3 inci LG Crystal juga nampak kokoh berkat tambahan kaca dari Gorilla Glass.


Nokia 8800 Arte

Ponsel keluaran tahun 2005 ini memang ditujukan untuk pasar menengah ke atas oleh Nokia. Sebab, Nokia 8800 Arte memang dibekali material casing premium yang sampai saat ini jarang digunakan pada smartphone.

Tubuh dari Nokia Arte dilindungi oleh lapisan logam 'stainless-steel' dan layar dengan kaca anti gores. Nokia juga sempat membuat beberapa versi dari ponsel dengan desain slide atau geser ini. Selain versi stainless-steel berwarna hitam, masih ada Nokia Arte versi safir dengan tambahan aksen kulit dan batu kristal safir untuk tombol navigasinya.

Untuk edisi yang lebih 'mahal', ada Nokia Arte Carbon yang berbalut casing stainless-steel yang dikombinasikan dengan serat karbon super kuat dan logam titanium. Bahkan Nokia juga membuat versi 'gold' Nokia Arte dengan lapisan emas 18 karat di seluruh bodinya.

Selain keunggulan di sisi luar, tak ada yang begitu spesial di ponsel berlayar 2 inci ini. Mengingat kamera yang ditanamkan padanya masih pada kisaran 3,2 MP dan ROM yang berkisar 1 hingga 4 GB saja.


LG New Chocolate

Hal pertama yang akan muncul di pikiran saat melihat anggota keluarga LG Chocolate teranyar ini adalah 'panjang dan langsing'. Ya, layar 4 inci dari ponsel ini memang membentang hingga panjang 12 sentimeter lebih.

Desain yang unik ini dilengkapi dengan layar LCD HD beresolusi 345 x 800 piksel. Berkat layar yang panjang nan ramping, LG New Chocolate mampu memakai fitur Dual UI (User Interface) yang bisa memudahkan pengguna memantau email di dua layar yang terpisah.

LG New Chocolate diklaim sebagai ponsel dengan layar sinema pertama di dunia. Tambahan kamera belakang 5 MP kian mendukung LG New Chocolate sebagai ponsel dengan kualitas hiburan di layar 'panorama' terbaik saat itu.


Nokia Prism 7900

Jajaran ponsel dengan desain berkelas Nokia tidak hanya berhenti di Nokia Arte saja. Produsen asal Finlandia ini dulu pernah mengeluarkan sebuah ponsel berdesain candy bar dengan keypad unik, Nokia Prism 7900.

Nokia Prism 7900 yang berjalan dengan OS Symbian S40 ini memiliki banyak sekali pola-pola geometris di casingnya, seperti segitiga, trapesium, hingga persegi. Di kedua sisi dan bagian belakang-nya pun terdapat ukiran-ukiran serupa dengan gradasi warna hitam dan abu-abu yang tak kalah elegan.

Yang membuat konsumen semakin tertarik untuk membawa pulang ponsel ini di tahun 2008 adalah dukungan layar 2 inci berkualitas OLED, mirip dengan apa yang digunakan oleh Samsung di smartphone dan tablet buatannya sekarang.

Nokia Prism 7900 juga tersedia di beragam pilihan warna seperti ungu dan biru dengan aksen metalik. Tambahan lampu keypad yang bisa atur semakin menegaskan kemewahan ponsel yang telah dihentikan penjualannya itu.


Motorola Aura

Para pecinta gadget berkocek tebal mungkin menjadikan Motorola Aura sebagai buruan utama setelah gadget ini diluncurkan akhir tahun 2008 silam. Salah satu hardware andalan unik yang disematkan pada Motorola Aura adalah layar melingkar beresolusi 480 piksel. Tak ayal, Motorola Aura dinobatkan sebagai ponsel pertama dengan layar melingkar.

Layar LCD bundar 1,5 inci yang mampu menampilkan 16 juta warna tersebut semakin berkelas dengan kerapatan piksel hingga 300 dpi. Sehingga mampu menampilkan gambar lebih tajam dibanding smartphone-smartphone kelas menengah di pasaran saat ini.

Hebatnya, layar Motorola Aura dilindungi dengan lensa berbahan kristal safir 62 karat yang menjadikannya sebagai ponsel dengan layar paling tahan gores di dunia. Bagian dalam dari Motorola Aura pun dibuat dengan sangat presisi, dengan penempatan 700 lebih komponen.

Ponsel dengan desain 'slide' putar ini terlihat sangat berkelas dengan tambahan casing stainless-steel penuh ukiran dan logo Motorola. Motorola menegaskan untuk membuat lapisan stainless-steel Motorola Aura dibutuhkan waktu hingga 13 hari!


Motorola Razr V3

Tak hanya berhenti di Motorola Aura, Motorola pun sempat sangat sukses dengan sebuah ponsel lipat indah yang melegenda, Motorola Razr V3.

Ponsel Razr V3 muncul dengan desain bodi tipis berbalut aksen metal dengan beragam pilihan warna. Bahkan Motorola sempat mengeluarkan edisi berwarna krom gelap dan pink. Total, Motorola saat itu mengeluarkan Razr V3 dalam 13 varian warna!

Salah satu hal yang paling digemari dari Razr V3 adalah konsep ponsel lipat yang dimilikinya. Pada tahun 2004 silam, desain ini adalah yang tengah digandrungi oleh pecinta ponsel. Selain itu, aksen metalik dan penambahan lampu backlight di bagian keypad Razr V3 membuatnya semakin terlihat 'seksi'.

Tambahan layar eksternal di bagian depan ponsel pun kian menambah kesan mewah ponsel yang dibalut dengan casing berbahan plastik tersebut.


Sony Xperia Pureness X5

Tampilan luar dari ponsel keluaran tahun 2010 memang terlihat sederhana. Namun, Sony pasti punya alasan tersendiri membuat ponsel dengan harga mencapai Rp 12 jutaan tersebut.

Jika dilihat secara seksama, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang ganjil di Sony Xperia X5, yaitu panel layarnya yang transparan. Bila LG Crystal memiliki keypad yang tembus pandang, maka Xperia X5 jauh lebih hebat dengan layar monokrom yang tembus pandang.

Kombinasi ukuran layar mini 1,8 inci membuat layar QVGA Xperia X5 lebih terlihat tajam. Desainnya yang mengusung kombinasi warna hitam dan silver membuat ponsel ini terlihat bak foto hitam putih zaman dulu.

Layar transparan dari Xperia X5 mempunyai lampu backlight yang membuatnya terlihat semakin spektakuler dan mudah digunakan di kondisi gelap. Bahkan kualitas tampilan layar bisa terlihat jelas di bawah sinar matahari. Sony juga menjamin bila layar bening dari Xperia X5 sudah anti gores.