7 Cara Mengatasi Layar Sentuh Lemot Respon Pada Perangkat Touchscreen


Layar sentuh atau touchscreen kurang respon dan kurang peka terhadap sentuhan ditandai dengan ciri bila ditekan berulang baru bisa bekerja. Kejadian seperti ini sungguh menjengkelkan. Berkenaan dengan itu IDhandphone akan membahas mengenai trik supaya layar sentuh responnya cepat. Berikut tips memperbaiki layar sentuh atau touchscreen lemot respon.

7 Cara Mengatasi Layar Sentuh Lemot Respon Pada Perangkat Touchscreen

Pertama
Lepas batere dari smartphone dan biarkan setengah harian lalu masukkan kembalikan baterenya. Proses ini akan membersihkan kesalahan perangkat lunak apapun yang menyebabkan layar sentuh kurang respon. Jika touchscreen masih tidak berhasil mungkin bisa anda gunakan cara kedua.

Kedua
Lepaslah MMC atau memori smartphone Anda lalu coba hidupkan smartphone Anda jika memori di lepas smartphone bisa normal respon layar sentuhnya itu bagus, berarti problem berasal dari memori yang error, cobalah format memori Anda atau kalau perlu ganti saja.

Ketiga
Kalau cara ini tidak berhasil lepas pula SIM card dan jika dengan cara ini layar sentuhnya jadi responsif ganti saja SIM Anda atau jika Anda sayang nomornya, anda bisa minta nomor diganti ke kartu SIM yang baru dengan menghubungi galeri provider SIM Anda.

Keempat
Bila keempat cara diatas belum berhasil, cobalah untuk kalibrasi layar sentuh Anda dengan pilih Pengaturan, Pengaturan Ponsel, pilih Kalibrasi, ikuti proses kalibrasinya. Jika smartphone Anda tak ada pengaturan kalibrasinya Anda bisa menggunakan aplikasi kalibrasi klik disini.

Cobalah kembalikan ke setingan pabrik
Caranya masuk ke menu, pengaturan, pengaturan ponsel, kembalikan ke settingan pabrik, lalu pilih tunggu sampai ponsel restart. Nah setelah restart ponsel akan minta di kalibrasi maka lakukan kalibrasinya.

Kelima
Upgrade perangkat lunak perangkat ke versi terbaru. Proses ini akan mengatasi kesalahan perangkat lunak yang ada yang mungkin menyebabkan layar sentuh melemah responnya.

Keenam
Bersihkan kontak perangkat dan layar dengan menggunakan isopropil alkohol dan sikat kecil. Matikan perangkat sebelum membersihkannya.

Ketujuh
Langkah terakhir mau tidak mau Anda harus mengganti layar sentuh smartphone Anda.

Demikian uraian singkatnya semoga bermanfaat.