Cara Menambah Memori iPhone Tanpa Hapus File Data


Kasus memori cepat habis atau kapasitas penyimpanan penuh misal pada pengguna iPhone merupakan satu masalah 'mengkhawatirkan'. Soalnya iPhone tidak menyediakan penyimpanan eksternal atau MicroSD, terpaksa pengguna harus menghapus atau memindahkan datanya. 

Cara Menambah Memori iPhone Tanpa Hapus File Data

Namun, ada satu cara menambah kapasitas penyimpanan iPhone saat terjadi krisis tempat penyimpanan. Cara ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna bernama eavesdroppingyou.

Cara ini termasuk efektif dan mudah. Malah tidak membutuhkan pengetahuan teknis atau hacking.

Pengguna juga tidak perlu membeli aplikasi apa pun. Tapi ingat, cara ini hanya bisa berhasil jika kapasitas penyimpanan iPhone sudah berada di bawah 1GB.

1. Periksa sisa kapasitas penyimpanan iPhone Anda dengan buka Settings, kemudian pilih General, lalu pilih Storage & iCloud Usage. Lihat pada bagian Storage jumlah kapasitas yang masih tersisa (Available). Jika di bawah 1GB, Anda bisa lanjut menggunakan cara ini.

2. Sekarang buka iTunes Store dan pergi ke bagian Movies. Sebenarnya cara ini akan memaksa iPhone membebaskan ruang simpan 'tersembunyi' agar film yang akan diunduh bisa muat.

Karena itu, Anda harus memilih film yang ukuran filenya lebih besar dari kapasitas ruang simpan iPhone yang masih tersisa. Itulah gunanya Anda memeriksa sisa kapasitas ruang simpan iPhone Anda di langkah pertama.

3. Sebagai contoh, Anda bisa memilih film The Avengers yang ukuran filenya mencapai 6.51GB. Kemudian di bagian kanan atas, pilih Rent. Jangan khawatir, karena cara ini tidak akan memotong uang Anda.

4. Karena kapasitas Anda terbatas, iPhone akan mengeluarkan pesan error tidak bisa mengunduh film. Jangan panik, justru di sinilah letak rahasia dari trik menambah ruang penyimpanan data di iPhone.

Karena error itu, penyewaan film menjadi batal dan Anda tidak dikenakan biaya. Pilih Settings untuk masuk ke tahap berikutnya.

5. Sekarang pilih General, kemudian About. Maka Anda akan melihat kapasitas ruang simpan iPhone bertambah. Anda bisa mengulangi langkah menambah ruang simpan iPhone ini berkali-kali sampai kapasitas yang diinginkan.

Namun selalu ingat, pilih film yang ukuran filenya lebih besar dari jumlah kapasitas yang masih tersisa.

Jika setelah mengulang cara itu berkali-kali dan kapasitas ruang simpan tidak bertambah, itu artinya iPhone sudah maksimal untuk menyediakan ruang bagi file film yang akan diunduh. Silakan dicoba!