Ini Cara Hemat Kuota Internet Smartphone


Cara paling gampang untuk hemat kuota internet adalah dengan menyambung ke Wi-Fi setiap saat Anda pergi dimanapun. Di rumah, di sekolah atau kampus, di tempat kerja, atau di coffee shop. Dengan ini Anda sudah menghemat mobile data sangat banyak. Masalahnya adalah tak selalu tempat umum memiliki Wi-Fi, dan seringkali koneksi Wi-Fi di beberapa tempat tak bagus-bagus amat.' Selain itu, public network seringkali membawa isu keamanan yang berbahaya bagi keselamatan data pribadi kita.

Ini Cara Hemat Kuota Internet Smartphone

Beberapa hal ini bisa jadi penghemat kuota internet bulanan Anda. Hindarkan diri Anda dari menjadi fakir Wi-Fi dengan strategi berikut ini.

1. Cek Aplikasi

hal pertama yang harus dilakukan untuk menghemat paket data bulanan adalah dengan mencari tahu aplikasi apa yang 'rakus' dalam memakan data. Di iPhone, hal ini bisa dilakukan dengan membuka "Settings" dan ketuk "Cellular" untuk membuka daftar aplikasi. Anda bisa ketuk 'disable' ke semua aplikasi yang jarang digunakan untuk digunakan di luar jaringan Wi-Fi. Misalnya App Store, untuk menghindari update otomatis yang tentu memakan banyak data jika tidak dilakukan menggunakan Wi-Fi.

Proses ini agak berbeda di Android. Ketik "Settings," lalu pilih "Data usage." Scroll ke bawah dan Anda akan melihat daftar dari aplikasi yang disortir berdasarkan data yang ia konsumsi.


Jika Anda memilih aplikasi secara spesifik, Anda akan diberi informasi untuk mematikan data mobile atau membatasi penggunaan. Pastikan ketuk 'on' di 'restrict app background data.'

Informasi ini tentu bisa membantu Anda untuk mengontrol berapa jumlah data yang Anda pakai. Misalnya Anda tak pernah menyadari berapa data yang Anda habiskan untuk scroll Instagram seharian. Dengan ini, Anda bisa lebih bijak untuk tidak 'kepo' mantan di Instagram.

2. Cek Options Pada Setiap Aplikasi yang Sering Anda Buka

Beberapa aplikasi yang berhubungan dengan streaming media, biasanya menawarkan untuk mengurangi jumlah data yang dipakai.

Seperti YouTube. Di saat menunggu, streaming video YouTube favorit tentu tak terelakkan. Namun kita bisa menonton dengan kualitas paling rendah yang disediakan oleh YouTube, sehingga data pun tak terlalu banyak habisnya.


Opsi ini banyak juga terdapat di berbagai aplikasi streaming atau sosial media dengan langkah yang hampir sama.

3. Jangan Pakai Video Call

Video calls memang menyenangkan, terlebih lagi Anda sedang LDR dengan pasangan Anda. Namun lebih baik Anda mencari WI-Fi, karena video call memakan banyak data.

4. Gunakan 'Data Saver' di Google Chrome

Cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Android yang memakai browser Google Chrome. Caranya dengan mengetuk opsi setting, lalu pilih data saver. Opsi ini akan mereduksi keseluruhan bandwith yang digunakan ketika Anda berselancar melalui Chrome.


5. Bijak Pakai Sosial Media

Menggunakan aplikasi sosial media apapun, ternyata memakan banyak sekali data. Hal ini dikarenakan secara umum berbagai jejaring sosial sudah berfitur video.

6. Hindari Unduh dan Unggah Gambar atau Video

Jika Anda hobi memposting foto 'selfie' Anda setiap saat, jangan heran jika penggunaan data jadi boros. Pastikan kegiatan unggah mengunggah dilakukan di rumah atau ketika ada Wi-Fi.